7 Manfaat Memberikan ASI pada Bayi

Bagi seorang ibu, suatu kebanggaan jika bisa memberikan ASI pada bayinya. ASI memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Hal ini dikarenakan memang ASI memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut 7 info parenting tentang manfaat memberikan ASI pada bayi Anda.

1. Memiliki Kandungan Khusus

ASI mengandung 100 zat yang tidak ditemukan di susu sapi. Nutrisi inilah yang membuat bayi Anda sehat. Komposisi ASI terus berubah untuk memenuhi kebutuhan bayi, setiap pagi dan malam berbeda begitu juga saat awal dan akhir menyusui. Misalnya saja ASI memiliki sedikit sodium dibanding susu sapi formula. Inilah bisa memudahkan ginjalnya dalam mencerna.

2. Mudah Dicerna

ASI sangat aman meski pencernaan bayi masih sensitif dan baru berkembang. Protein ASI dan lemak dapat mudah dicerna bayi daripada protein dan lemak pada susu sapi. Selain itu, bayi Anda akan lebih muda dalam menyerap nutrisi penting dalam ASI dibanding susu sapi. Bayi yang minum ASI memiliki risiko rendah kembung dan muntah secara berlebihan berlebihan.

3. Aman

Bahan ASI tidak ada yang berbahaya karena alami dari dalam diri ibu. Artinya, ASI tidak memiliki bahan kimiawi atau terkontaminasi sehingga sangat aman untuk bayi Anda. Terkecuali jika sang ibu memiliki sakit tertentu sehingga ASI sudah tidak aman untuk dikonsumsi lagi.

4. Mencegah Alergi

Info parenting selanjutnya tentang manfaat ASI yaitu mencegah alergi. Hampir semua bayi tidak pernah mengalami alergi terhadap ASI. Namun ada juga sebagian bayi yang sensitif terhadap sesuatu yang Anda konsumsi melalui ASI. Sebaliknya, bayi justru banyak yang alergi terhadap susu formula.

5. Penenang Perut

Proses pencernaan ASI lebih mudah daripada susu formula. Bayi yang meminum ASI jarang sekali mengalami sembelit. Meski pergerakan ASI cukup cepat, bayi juga jarang terkena diare. ASI justru mampu mengurangi risiko gangguan pencernaan dengan menhancurkan mikroorganisme berbahaya.

6. Mencegah Ruam Popok

Bayi yang minum ASI memiliki risiko rendah untuk terkena ruam popok. Selain itu, kotoran bayi yang minum ASI tidak memiliki bau yang menyengat. Biasanya bau tersebut akan hilang saat bayi makan makanan yang diwajibkan.

7. Pencegah Infeksi

Mulai awal minum ASI, bayi mendapat dosis antibodi yang bagus untuk menjaga kesehatan serta memelihara kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Pada umumnya, bayi akan terkena demam, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, dan beberapa penyakit lainnya jika mengonsumsi susu formula secara berkepanjangan.

Menyusui juga bermanfaat untuk meningkatkan respon imun terhadap imunisasi semua penyakit seperti polio, draft, hingga tetanus. Selain itu, Anda bisa menikmati manfaat menambah proteksi dalam melawan sindrom kematian bayi mendadak.

Anda bisa menyusui bayi Anda hingga usia 6 bulan. Info parenting di atas sebagai bukti bahwa menyusui bayi tidak ada ruginya, justru banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. ASI sangat penting bagi perkembangan bayi Anda. Tidak ada salahnya jika melakukan yang terbaik untuknya.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.